Kamis, 05 Oktober 2017

PERANAN KOMUNIKASI DALAM DUNIA BISNIS

Nama : Intan Destriana Dewi
Kelas : 4ea40
NPM : 15214362
Peranan Komunikasi dalam dunia bisnis

1.    Peranan komunikasi dalam bisnis
Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan dan informasi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal . Bisnis melibatkan pertukaran informasi secara terus – menerus. Lebih banyak bisnis yang dijalankan makan semakin luas juga komunikasi yang akan tercipta.
            Peran komunikasi dalam berbisnis sangatlah penting karena komunikasi yang baik dapat menguntungkan sebuah bisnis yang sedang dilakukan. Terciptanya komunikasi yang baik serta komunikasi yang efektif akan mendatangkan sebuah keuntungan dalam berbisnis. Maka seseorang yang dapat berkomunikasi dengan baik dengan orang lain biasanya dengan mudah menjalankan bisnis yang dikelolanya. Dengan demikian, bisnis dan komunikasi berjalan bergandengan tangan.
2.     Tujuan dari komunikasi dalam bisnis
a.      Memberi informasi
Memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia bisnis kepada pihak lain. contoh seorang pemimpin perusahaan ingin mendapatkan pegawai yang diharapkan, maka Dia memasang iklan melalui mass media, memasang websitus/situs di jalur internet, dalam hal ini setiap media mempunyai kelebihan dan kekurangan dilihat dari jangkauan dan biayanya, untuk itu harus memilih media mana yang akan dipilih. Contoh yang lain misalnya sebuah Departemen Store memasang tulisan discotn besar-besaran pada produknya.
b.     Memberi persuasi
Memberikan persuasi kepada pihak lain agar apa yang disampaikan dapat dipahami dengan baik dan benar, hal ini sering dilakukan terutama yang berkaitan dengan penegasan konfirmasi pesanan pelanggan atau negoisasi dengan pelanggan, agar kedua pihak memperoleh manfaat secara bersama-sama tanpa ada yang merasa dirugikan.
c.      Melakukan kolaborasi
Melakukan kolaborasi, atau kerja sama bisnis antara seseorang dengan orang lain, melalui jalinan komunikasi bisnis tersebut seseorang dapat dengan mudah melakukan kerja sama bisnis, saat sekarang seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi komunikasi maka seseorang dapat menggunakan berbagai media telekomunikasi seperti telpon, faksimile, telpon seluler, internet surat elektronik, teleconference. Teknologi komunikasi tersebut sangat penting artinya dalam pererat kerja sama bisnis.
3.     Umpan balik dan bentuk – bentuknya
-        Umpan balik
Dalam setiap kegiatan komunikasi merupakan kegiatan pengiriman dan penerimaan lambang ataupun keinginan untuk mengubah pendapat orang lain yang merupakan juga suatu usaha untuk mengadakan hubungan sosial. ntara umpan balik dan pesan terdapat hubungan sebab akibat (causalitas). Pesan (message) itu dapat berbentuk bermacam-macam seperti pidato, pengarahan, intruksi, tugas, perintah, analisis, dll. Pesan dapat juga berbentuk tulisan, lisan, gambar-gambar dan bahkan demonstrasi atau penghargaan. Umpan balik (feed back) pun dapat berbentuk bermacam-macam seperti hasil (pelaksanaan suatu tugas), laporan, sikap yang timbul, pertanyaan, reaksi, dsb. Sebagaimana pesan maka umpan balikpun dapat berupa tulisan, lisan, peragaan, dsb.
-        Bentuk – bentuk umpan balik
Bentuk-bentuk umpan balik antara lain :
1.External Feedback
   Umpan balik yang baik diterima langsung oleh komunikator dari komunikan.
2.Internal Feedback
   Umpan balik yang diterima komunikator bukan dari komunikan akan tetapi   
    datang dari pesan itu sendiri atau dari komunikator itu sendri.
3. Direct Feedback atau Immediate Feedback
    Umpan balik langsung dalam suatu komunikasi, komunikan menggerakkan   
     salah satu anggota badannya.
4. Indirect Feedback atau Delaiged Feedback
    Dalam bentuk surat kepada redaksi surat kabar, penyiar radio, dll. Hal ini  
     umpan balik membutuhkan waktu.
5. Inferential Feedback
    Umpan balik yang diterima dalam komunikasi massa yang disimpulkan sendiri  
    oleh komunikator meskipun secara tidak langsung akan tetapi cukup relevan    
    dengan pesan yang disampaikan.
6. Zero Feedback
   Artinya bahwa komunikasi yang disampaikan oleh kemunikator kepada   
   komunikan meskipun komunikan menyampaikan umpan balik tersebut tidak   
   dipahami oleh komunikator.
7. Neutral Feedback
    Umpan balik yang netral berarti bahwa informasi yang diterima kembali oleh  
    komunikator tidak relevan dengan pesan yang disampaikan semula.
8. Positive Feedback
    Komunikasi yang disampaikan oleh komunikator kepada kemunikan mendapat
    tanggapan positif, misalnya dengan adanya penerimaan pada pesan yang  
    disampaikan.
9. Negative Feedback
    Komunikasi yang disampaikan oleh kemunikator mendapat tantangan dari  
    komunikan.
4.     Kesalahpahaman dalam berkomunikasi
Ada kesalahpahaman antara komunikator dan komunikan, yaitu :
1.     Masalah dalam pengembangan pesan
Adalah dalam memformulasikan suatu pesan. Masalah yang timbul dapat berupa munculnya keraguan tentang isi pesan, kurang terbiasa dengan situasi yang ada atau penerima, adanya pertentangan emosional, atau kesulitan dalam mengekspresikan ide atau gagasan.
2.     Masalah dalam menyampaikan pesan
Adalah faktor phisik. Misalnya sambungan kabel yang jelek, akustik yang lemah dan tindasan yang tak terbaca, dan bila dua belah pusan yang disampaikan mempunyai arti yamg saling berlawanan.
3.     Masalah dalam menerima pesan
Adanya persaingan antara penglihatan dengan suara, kursi yang tidak nyaman, lampu yang kurang terang, dan kondisi lain yang dapat mengganggu konsentrasi penerima.
4.     Masalah dalam menafsirkan pesan
Masalah terbesar sebenarnya adalah pada mata rantai terakhir, yaitu penerima pesan menafsirkan suatu pesan.
5.     Memperbaiki komunikasi dalam bisnis
Untuk dapat melakukan komuikasi yang efektif diperlukan : persepsi, ketetapan, kredibilitas, pengendalian, dan kecocokan atau keserasian. Dapat juga dengan memperhatikan sebagai berikut :
-        Membuat suatu pesan secara lebih hati – hati
-        Meminimalkan gangguan dalam proses komunikasi
Sumber : https://bellarosana.wordpress.com/2016/03/21/peranan-komunikasi-dalam-bisnis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar